RADIO AN-NIDA FM

A. LATAR BELAKANG PENDIRIAN

Segenap pengurus Yayasan Dakwah Islam Nidaaussunnah dan jamaah masjid Abdullah bin Rawahah mengadakan musyawarah bersama dan diputuskan untuk pembentukan sarana Da’wah Islamiyah Ahlussunnah Wal Jama’ah di Desa Sumbergirang Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang dalam bentuk Lembaga Penyiaran Komunitas (LPK), yakni Radio An-Nida 107.9 FM.

Menindaklanjuti hasil musyawarah tersebut, akhirnya dibentuklah sebuah Badan Hukum Resmi yang akan menaungi Radio An-Nida FM dihadapan Notaris H. Muchamad Al Hilal, S.H., M.Kn. dengan nama Perkumpulan Radio Komunitas An-Nida.

B. PROSES PENDIRIAN DAN PERIJINAN

Dalam persiapan pendiriannya, dibentuk panitia pendirian radio yang bertugas mendirikan radio dan mengurus proses perijinan siarannya. Berikut adalah adalah susunan panitia yang bertugas:

Ketua I                 : Dr. Aris Triwiyatno, ST, MT

Ketua II                : Muchamad Alif Apriliawan, SE

Sekretaris I          : Arief Muttaqien

Sekretaris II         : Ujang Pramudhiharto, Lc, S.Pd

Bendahara I        : Ervan Aryana, ST

Bendahara II       : Imam Rosidi

Anggota               :

  • Rusdiyanto
  •  Kartono
  • Muta’allim
  • Amir Mahmud
  • Mashuri

Kepanitiaan kemudian mengurus tahap-tahap perijinan, mulai persetujuan warga sekitar, Pemerintah Desa dan Kecamatan. Setelah mendapatkan ijin dari warga sekitar ini, dimulailah upaya pembuatan radio dakwah Islamiyah ini.

Berawal dari hibah perangkat radio dari Yayasan Nurussunnah Semarang, dengan bantuan infaq dari saudara-saudara muslim yang lain, atas kehendak Allah Azza wa Jalla  panitia berhasil membuat studio mini pemancar radio FM yang mengudara pada frekuensi 107.9 FM dengan nama udara Radio An-Nida FM.

Setelah disusunnya akte pendirian perusahaan kemudian dimulai dilakukan semua tahap proses perijinan resmi, mulai surat persetujuan warga sekitar, Pemerintah Desa dan Kecamatan. Kemudian semua kelengkapan perijinan di tingkat Kabupaten juga telah dipenuhi, sehingga Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah menyatakan Radio An-Nida berhak untuk melakukan Evaluasi Dengar Pendapat (EDP).

Pada tanggal 11 Nopember 2010 radio An-Nida telah diberi kesempatan untuk melakukan EDP, dan dinyatakan lolos untuk tahapan selanjutnya. Kemudian pada tanggal 22 Nopember 2010, KPID Jawa Tengah telah menerbitkan Surat Kelayakan Penyiaran untuk Radio An-Nida, sehingga Radio An-Nida bisa mengudara sambil menunggu proses perijinan yang diajukan oleh KPID Jawa Tengah ke tingkat pusat (KPI Pusat) selesai. Pada saat ini perijinan telah mencapai proses Forum Rapat Bersama (FRB) KPI Pusat untuk menuju keluarnya Ijin Prinsip Penyiaran (IPP) dari Menteri Komunikasi Dan Informatika (Menkominfo) RI.

C. PROSE PENYIARAN DAN DAYA JANGKAU

Setelah ijin dari KPID Jawa Tengah keluar, maka Radio An-Nida mengudara di frekuensi 107,9 MHz. Pada tahap awal, daya pancar yang direncanakan adalah sekitar 200 watt, sehingga diharapkan bisa memancar dengan daya jangkau sekitar 20 km. Namun dalam perjalanannya, terjadi kerusakan peralatan dan setelah diperbaiki daya pancarnya hanya mencapai 80 watt saja, dengan daya jangkau sekitar 8 – 9 km.

Dengan adanya respon masyarakat yang cukup baik terhadap keberadaan Radio An-Nida sebagai radio yang mengedepankan prinsip dakwah ahlussunnah wal jama’ah, maka kami berusaha untuk memperbaiki peralatan siaran sehingga daya pancarnya bisa bertambah menjadi 300 watt dengan daya jangkau 25 – 30 km. Biaya yang diperlukan untuk penambahan daya ini tercantum pada RAB Perbaikan dan Penambahan Daya Siar Radio An-Nida pada halaman terakhir proposal. Silakan download di sini.

Bagi muhsinin yang ingin berpartisipasi pengembangan radio bisa menyalurkan sedikit harta yang dititipkan oleh-Nya ke BRI KCP Lasem No. Rek. 0608.01.001495.50.5 a.n. Imam Rusidi atau BNI Syari’ah Semarang dengan No. Rek. 0202616849 a.n. Sugiarto Syah Rozi. Setelah transfer mohon untuk konfirmasi ke Imam Rusidi di 081390356999 bagi muhsinin yang menyalurkan sedekahnya lewat BRI KCP Lasem.  Sedangkan untuk BNI Syari’ah Semarang konfirmasi ke Sugiarto Syah Rozi di  081325780935.  Jazakumullahu Khairan Katsiran wa Barakallahufikum.

  1. Alhamdulillah…mudah2an Allah senantiasa memberikan taufik kepada kita semua..Amin,….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: